Thursday, January 12, 2012

Bangun dan Berdirilah


Bangun dan berdirilah

ALLAH memerintahkan kita untuk ‘berdiri dan ‘bangunlah’ ketika kita menghadapi kegagalan. Karena tak terbahasakan nya ‘kegagalan’ dalam shalat, karena kegagalan itu tak pernah ada, yang ada hanya kita belum menemukan ilmu dan solusinya

Kutipan dari sebuah buku “success with shalat” Salman Ar-raisy
Subhanallah begitu indahnya shalat, hingga setiap makna kehidupan kita ada dalam shalat
Sungguh beruntungnya orang-orang yang mampu khusyuk dalam shalatnya, karena dia mendapat keutamaan shalat

telah beruntunglah orang-orang mukmin, yaitu mereka yang khusyuk dalam shalatnya
(Q.S. al-Mu’minum [23]: 1-2)

Sedikit bercerita tentang makna dari kutipan diatas
ALLAH tak pernah mengajarkan kita untuk menyerah bahkan kita diperintahkan bangun dan berdiri, semua itu terwujud dalam gerakan shalat.
Pelajaran jangan menyerah dan bangkit kembali kita dapatkan pada gerakan berdiri setelah dua sujud.
Berdiri adalah gambaran bangkit dari kegagalan. Berdiri merupakn posisi untuk menggambarkan kesiapsiagaan seseorang dalam menghadapi sesuatu.berdiri adalah posisi paling mantap untuk menghadapi lawan, tantangan, rintangan yang datang menghadang.
Ketika segala bentuk rintangan datang menerpa, ALLAH memerintahkan kita untuk bangun saat mengalami kegaglan, dan berdiri kembali untuk memulai langkah baru.
Kegagalan merupakan hal yang biasa bagi makhluk hidup, karena kita diwajibkan belajar darinya.

Berdiri, dan bangkit dari dua sujud adalah pembelajaran yang ALLAH berikan untuk kita, agar kita mengambil makna bangkit kembali dari sana.
Namun lebih dari itu ALLAH Maha Mengetahui kebutuhan kita. Bila kita bangkit kembali tanpa adanya ilmu, kesalahan yang sama pun akan tetap terjadi. ALLAH membekali kita dengan ilmu, sebelum kita bangkit kembali, dan ilmu itu kita dapatkan dari sujud

Otak dapat berfungsi dengan baik, bila peredaran darah otak bagus, posisi sujud adalah posisi terbaik untuk memperlancar aliran darah ke otak, bahkan ada bagian-bagian saraf tertentu dari otak yang hanya disa dialiri darah ketika dalam posisi sujud
Bagian otak ini hanya butuh aliran beberapa saat, sudah bisa mengembalikan ritme kerja otak dan diperoleh kerja optimal
Berdiri yang didahului dengan sujud berarti kita mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, yaitu dengan ilmu. Tak ada satu permasalahan pun yang bisa diselesaikan kecuali dengan ilmu. Lalu duduk sejenak antara dua sujud bertujuan untuk menenangkan hati ini agar tidak tergesa-gesa dalam bertindak dan mengambil keputusan, memilih ilmu yang sesuai, serta pengaplikasian dalam keseharian adalah mengevaluasi diri penyebab kesalahan dlm melakukan pekerjaan.
Subhanallah
Begitu indahnya shalat J




No comments:

Post a Comment